Informasi

LPPM UNISMA SOSOIALISASIKAN BUKU PEDOMAN EDISI XII

Sabtu, 07 April 2018 - 09:17 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mensosialisasikan buku pedoman penelitian dan pengabdian masyarakat edisi XII bekerjasama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian masyarakat – KEMENRISTEKDIKTI RI di Gedung Ustman bin affan lantai 7, Jumat 6 April 2018.

Sekertaris LPPM Unisma Dr. Ir. Eko Noehayati, MT yang membuka secara resmi acara tersebut menyampaikan bahwapanduan edisi XII kontennya memuat beberapa kebijakan seperti skema penelitian yang disesuaikan dengan Cluster Perguruan Tingginya.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini akan muncul pencerahan kepada dosen terkait regulasi dan syarat yang baru, mengingat Unisma ini berada di dalam Cluster Utama dengan dana hibah yang mencapai 15 M” ungkapnya

Panduan edisi ke XII ini diterbitkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualiatas dan kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan terus menerus, guna mencapai hasil penelitian yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional.

Dr. Drajat Tri, M.Si sebagai narasumber menerangkan bahwa dosen dulu tidak sama dengan dosen sekarang kalau dulu dosen hanya sebagai agen pendidikan dari ilmu buku yang ada. Namun sekarang dosen diharapkan dapat menjadi sumber ilmu itu sendiri

“kalau di gambarkan, seorang dosen dikelas bukan hanya sebagai agen pendidikan dari pakar yang sudah ada. Tetapi bisa langsung menjadi pakar ilmu baru yang ada dikelas. Sehingga mahasiswa bisa secara langsung mendiskusikan apa yang ada di pikirannya” jelas Dr. Drajat

Lebih lanjut Dr. Drajat juga menjelaskan banyak hal baru yang terkait penyusunan proposal sesuai panduan edisi ke XII ini menekankan tiga hal yaitu kompetitif nasional, desentralisasi dan penugasan dengan 11 skim, diantaranya penelitian dasar, terapan, pengembangan, pemula, kerjasama dan pascasarjana.

“sasarannya adalah kebaharuan atau membuat teori baru, jadi jangan ragu selama ide & permasalahan itu sesuai dengan data, jurnal” tutupnya (zi)