Informasi

UNISMA KERJASAMA DENGAN TIGA UNIVERSITAS BRUNEI DARUSSALAM

Selasa, 20 Maret 2018 - 10:48 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Sabtu kemarin, 17 Maret 2018, bertempat di conference room, level 2, Main Administration Building Universitas Brunei Darussalam, UNISMA melakukan pertemuan antara Delegasi UNISMA yang dipimpin oleh, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si (Rektor) dengan Pimpinan Universitas Brunei Darussalam untuk membahas kerja sama di bidang Herbal Medicine, Agriculture, Islamic Education dan Islamic Governance. Joyce Teo Siew Yean, Ph.D, Assistant Vice Chancellor and Vice President for Global Affairs di Universitas Brunei Darussalam menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran delegasi UNISMA ke UBD.

Lebih lanjut, Joy Yean mengutarakan bahwa Universitas Brunei Darussalam berkomitmen untuk bekerja sama dengan UNISMA di berbagai bidang diantaranya Study Abroad Program bagi mahasiswa UBD untuk melaksanakan kegiatan pemagangan (internship) dan pengabdian masyarakat (community services) di Rumah Sakit Islam UNISMA untuk mempelajari

Bagaimana Penerapan Kode Etik Dokter Muslim dan pengembangan Herbal Medicine di Fakultas Kedokteran UNISMA. Selain itu, mahasiswa UBD Jurusan Pertanian bisa mendapatkan pengalaman untuk mengikuti kegiatan perkuliahan di Fakultas Pertanian UNISMA. Hal ini sangat mungkin untuk dilakukan mengingat pada tahun ketiga, mahasiswa UBD memiliki kewajiban untuk mengikuti kegiatan pembelajaran lapangan selama satu tahun misalnya melalui pemagangan dan pengabdian kepada masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.

Selain  itu, UBD juga memberikan peluang kepada junior staf UNISMA untuk bisa mendaftar Beasiswa Master Degree dibidang Public Policy Management di UBD, yg salah satu programnya memiliki kekhasan di Bidang Islamic Governance yang merupakan satu satunya di Asia. Hal ini sangat sesuai, mengingat UNISMA juga memiliki Fakultas Ilmu Administrasi yang di dalamnya terdapat jurusan Administrasi Publik.

Ditambah lagi kerja sama dibidang Asian Studies, lebih spesifiknya adalah kajian Bahasa dan Budaya Indonesia oleh mahasiswa UBD di Universitas Islam Malang melalui program Beasiswa Darmasiswa, serta kajian ke Islaman Ahlussunah Wal Jama’ah antara Lembaga Pengkajian Islam dan Keaswajaan dan Fakultas Agama Islam UNISMA dengan Sulthan Umar Ali Saefuddin Center for Islamic Studies di UBD.

Seebagai bentuk tindak lanjut komitmen kerja sama yang telah dibangun oleh kedua pihak, Rektor UNISMA, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si mendapatkan undangan dari Universitas Brunei Darussalam (UBD) untuk menghadiri forum Brunei Dialogue pada tanggal 27 Juli 2018 di UBD. Pada forum ini akan hadir 40 pimpinan perguruan tinggi dunia yang akan membahas isu-isu pendidikan tinggi pasca 2020. Lebih lanjut rektor UNISMA menyampaikan bahwa UNISMA juga akan mengirimkan mahasiswa dan dosen untuk mengikuti kegiatan students/faculty exchanges, misalnya mengirimkan delegasi UNISMA untuk mengikuti kegiatan pelatihan di UBD yang diselenggarakan oleh American Heart Association.

“Hal yang kami lakukan ini adalah bagian dari internasionalisasi UNISMA untuk membangun peradaban dunia seperti yang tertuang dalam motto UNISMA, dari NU untuk Indonesia dan peradaban Dunia,” pungkasnya.