Informasi

KUNJUNGI MAKAM ULAMA BESAR, ROMBONGAN UNISMA DAPATKAN KEISTIMEWAAN

Jumat, 09 Maret 2018 - 17:04 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Minggu, 4 Maret 2018, Rektor Universitas Islam Malang (UNISMA), Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama, Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd; dan kepala Bagian Kerja Sama; Imam Wahyudi Karimullah, MA; didampingi oleh Bapak PrayitnoTrilaksono, M.Pd,. Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UNISMA yg sedang bertugas mengajar di Tashkent Institut of Oriental Studies, mengadakan pertemuan inisiasi kerja sama dengan Pengurus Yayasan Masjid dan Pendidikan Islam di komplek Pemakaman Imam al-Bukhari, perowi Hadis terkemuka yang dimakamkan di kota Samarkand, Uzbekistan.

Delegasi UNISMA disambut dengan hangat dan kekeluargaan oleh Imam Mahmoed Ibnu Abbas dan Imam Isoril Khan, Imam besar Masjid Al-Bukhori. Beliau merasa terhormat dikunjungi oleh Rektor Universitas Islam Malang , Indonesia.

Lebih lanjut, Imam Mahmoed Ibnu Abbas menyampaikan bahwa hubungan kedua negara antara Indonesia dan Uzbekistan sangatlah erat dan telah terjalin cukup lama. "Indonesia telah berjasa besar dalam Penemuan dan Pelestarian Pemakaman Imam Al-Bukhori(tutur beliau)." Saat ini ummat Islam dari seluruh penjuru dunia termasuk dari Indonesia bisa berziarah dan berkunjung  untuk menapak tilasi perjuangan Imam Al-Bukhori dalam mengumpulkan hadits Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah berkat jasa Presiden pertama Indonesia, Presiden Soekarno yang telah meminta secara khusus kepada Uni Soviet untuk menemukan dan memugar pemakaman Imam Al-Bukhori di kota Samarkand sebagai bentuk penghormatan terhadap tokoh Islam dunia.

Rektor UNISMA, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si menyampaikan bahwa kunjungan delegasi UNISMA kali ini adalah untuk menindaklanjuti komitmen kerja sama kedua belah negara yg telah terjalin sehingga UNISMA, sebagai perguruan tinggi Nahdatul Ulama yang memiliki visi pengabdian untuk Indonesia dan peradaban dunia dapat mengambil peran dalam pelestarian peradaban Islam dan penguatan spirit kajian-kajian ilmu hadits, yang antara  lain adalah hadits Imam  Al-Bukhori dan  Imam At-Tirmidzi yang ke-duanya merupakan tokoh perowi hadis dunia yang memiliki rekam jejak sejarah di  Uzbekistan.

Lebih lanjut, Rektor UNISMA dan Imam Besar Masjid Al-Bukhori bersama sama membuat komitmen untuk bekerja sama di bidang peningkatan sumber daya manusia dan tukar menukar ahli agama dan atau ahli hadits untuk memperkuat kajian kajian Keislaman diantara kedua belah pihak sehingga semangat Imam al-Bukhari bisa tetap terlestarikan pada era masa kini.

Pada waktu yang bersamaan Delegasi UNISMA diberikan kehormatan secara khusus untuk bisa memasuki area pemakaman Imam Al-Bukhori untuk mendoakan al maghfurlah, Imam Al-Bukhori dan berdoa untuk seluruh civitas akademika UNISMA dan Bangsa dan Negara Indonesia dan Uzbekistan agar tetap selalu diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Kegiatan kunjungan kerja sama tersebut diakhiri dengan meninjau Museum Soekarno, yang di dalamnya terdapat Buku-buku sumbangan dari Presiden Soekarno.